Ihwal Perkembangan dan Perubahan

Jaman semakin berkembang. Perkembangan itu tidak serta merta terjadi. Perkembangan yang dengan sengaja diciptakan oleh manusia itu sendiri. Manusia sebagai kunci dalam perubahan jaman. Perubahan menuju kemakmuran manusia maupun perubahan untuk penindasan terhadap mahkluk lain, penindasan terhadap alam semesta.

Manusia menjadi motor penggerak utama bagi perkembangan jaman. Karena manusia memiliki free will yang bisa menjadiknnya bebas melakukan apa yang ia ingin lakukan dan bisa ia lakukan. Peran manusia dalam perkembangan tidak hanya terjadi dalam bentuk praksis sosial. Lebih dalam dari itu, manusia memulai perkembangan dari dalam dirinya. Ialah pikiran yang menjadi titik awal bagaimana manusia memulai suatu perubahan.

Pikiran manusia dapat melakukan kerja-kerja imajinatif yang tak terhingga. Tiap orang memiliki imajinasinya masing-masing. Sehingga, perubahan didalam pikiran setiap orang bisa saja berbeda-beda.

Pikiran-pikiran tersebut terkonstruksi akibat pengalaman-pengalaman yang dialami semasa hidupnya. Pengalaman intelektual yang didapatkan karena sengaja memelajarinya, maupun pengalaman yang didapat dari aktifitas kehidupan sehari-hari.

Perkembangan pikiran akan terus berlanjut seiring perjumpaannya dengan pikiran-pikiran lain. Pertukaran pikiran terjadi dalam bentuk verbal maupun non-verbal. Pertukaran yang akan membentuk suatu wacana baru bagi perkembangan pikiran. Wacana yang menjadi dasar dalam proses perubahan. Perubahan menuju kemakmuran, maupun perubahan menuju ketertindasan. Tabik!!



PDL, 7 Februari 2020

Comments

Popular posts from this blog

Air Susah di 'Tanah Air' Indonesia

Pencemaran Nama Dalam Jaringan

Memulai Kembali