Tentang Sebelah Mata

*Diketik saat mendengarkan lagu Sebelah Mata – Efek Rumah Kaca.

Sebelah mata akan menjadikan seseorang melihat dengan setengah penglihatan utama. Entah itu mata sebelah kiri atau kanan yang mampu melihat. Mata itu akan menampakkan fungsinya sesuai dengan keadaan saat ia digunakan. Setitik bercak apakah masih akan terlihat oleh sebelah mata? Mungkin iya, mungkin juga tidak, tergantung apakah di sebelah mata itu ada kelainan. Misalnya mata yang tinggal sebelah itu minus. Jika tidak dibantu oleh kaca mata yang sesuai bisa jadi setitik bercak itu tidak akan terlihat.

Kini persoalan gelap. Apakah sebelah mata yang masih dimiliki akan bisa melihat sekitar saat gelap. Ini pun tergantung seberapa intensitas kegelapan di tempat tersebut. Karena bisa jadi gelap yang dimaksud masih memungkinkan mata untuk melihat. Bukan gelap black out, yang menyebabkan tidak ada yang bisa dilihat oleh sebelah mata. Meskipun mata sudah berupaya untuk beradaptasi dengan cahaya yang nyaris tidak masuk ke tempat tersebut.

Kini soal diabetes. Di sebuah iklan pemanis tambahan di televisi disebutkan bahwa orang yang memiliki riwayat keturunan diabetes, maka besar kemungkinan dirinya akan lebih mudah terjangkit diabetes. Meskipun dalam hidupnya sudah menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Pola hidup yang dipercaya menjauhkan orang yang menjalankannya dari penyakit diabetes. Tapi, hal itu bukan jaminan bahwa orang yang tidak memiliki riwayat keturunan diabetes tidak akan mengalami nasib yang sama. kikil, babat, kerewedan, gajih (bukan uang), lidah sapi, sate kambing, beragam jenis soto. Itu adalah beberapa makanan yang mantap untuk disantap, tapi tidak mantap untuk orang-orang yang memiliki gejala diabetes.

Kini tentang bagaimana hidup berdampingan dengan mata yang tinggal sebelah. Anda harus ingat bahwa sebelah mata bukan berarti mata yang ada di kedua rongga mata itu hanya tersisa satu. Tidak, bukan begitu maksudnya. Kedua bola matanya masih di posisi yang sama. hanya saja, salah satu mata tidak dapat menjalankan fungsinya. Hanya tersisa satu bola mata yang bisa digunakan sebagai indra penglihatan.

Kini soal gelombang yang dipelajari. Gelombang yang tidak jelas sebenarnya. Sebab, gelombang itu tidak bisa diidentifikasi sebagai gelombang transversal, longitudinal, atau gelombang laut. Bisa juga gelombang yang dimaksud merujuk kepada gelombang asmara yang menyelimuti hati muda-mudi yang tengah di mabuk asmara. Bisa saja begitu. Pun begitu tentang sel akut yang dipercaya menjadi asal mula gelombang itu. tapi, lagi-lagi, beragam bukti empiris belum mengarah pada pendapat tersebut.

Kini tinggal mencari teman setia. Apakah benar gelap yang menjadi teman setia? Atau setia yang tergabung dalam satu grup musik besutan Charly van Houten. Atau setia yang menyajikan beragam macam bahan bangunan yang berlokasi di Jalan Sersan Bajuri, dekat Kosan Domba milik A Deden dan keluarga.

Sebelah mata pada dasarnya adalah salah satu sistem penglihatan yang ada di dunia. Sebelah mata digunakan karena salah satu bola mata yang ada tidak berfungsi selayaknya mata pada khususnya. Dengan demikian, nampak terlihat bahwasanya sebelah mata tidak menjadikan seseorang terkurung. Karena ia memang tidak sedang berada di dalam sangkar. Ia masih bebas berkeliaran seperti orang-orang yang memiliki kedua matanya.




9 Agustus 2020 

Comments

Popular posts from this blog

Air Susah di 'Tanah Air' Indonesia

Pencemaran Nama Dalam Jaringan

Memulai Kembali